Sabtu, 31 Desember 2016

Diskografi


Iwan Fals pada cover majalah Rolling Stone Mei 2007
Tidak seluruh album yang dikeluarkan Iwan Fals berisi lagu baru. Pada tahun-tahun terakhir, Iwan Fals sering mengeluarkan rilis ulang lagu-lagu lamanya, baik dengan aransemen asli maupun dengan aransemen ulang. Pada tahun-tahun terakhir ini pula Iwan Fals lebih banyak memilih berkolaborasi dengan musisi muda berbakat.
Banyak lagu Iwan Fals yang tidak dijual secara bebas. Lagu-lagu tersebut menjadi koleksi ekslusif para penggemarnya dan kebanyakan direkam secara live. Beberapa lagu Iwan Fals yang tidak dikomersialkan seperti lagu 'Pulanglah' yang didedikasikan khusus untuk almarhum Munir ternyata sangat digemari yang akhirnya direkam ulang dan dimasukkan ke dalam album 50:50 yang beredar pada tahun 2007.

Biografi
Masa kecil Iwan Fals atau yang biasa kita kenal sebagai Iwan dihabiskan di Bandung, kemudian di JeddahArab Saudi, selama 8 bulan. Bakat musiknya makin terasah di usianya yang ke-13 tahun, saat Iwan banyak menghabiskan waktunya dengan mengamen di Bandung. Bermain gitar dilakukannya sejak masih muda bahkan ia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar dan mencipta lagu. Ketika di SMP, Iwan menjadi gitaris dalam paduan suara sekolah.
Selanjutnya, datang ajakan untuk mengadu nasib di Jakarta dari seorang produser. Ia lalu menjual sepeda motornya untuk biaya membuat master. Iwan rekaman album pertama bersama rekan-rekannya, Toto Gunarto, Helmi Bahfen, dan Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul, namun album tersebut gagal di pasaran dan Iwan kembali menjalani profesi sebagai pengamen. Album ini sekarang menjadi buruan para kolektor serta fans fanatik Iwan Fals.
Setelah dapat juara di festival musik country, Iwan ikut festival lagu humor. Arwah Setiawan (almarhum), lagu-lagu humor milik Iwan sempat direkam bersama PepengKrisna, dan Nana Krip serta diproduksi oleh ABC Records, tetapi juga gagal dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Sampai akhirnya, perjalanan Iwan bekerja sama dengan Musica Studio. Sebelum ke Musica, Iwan sudah rekaman sekitar 4-5 album. Di Musica, barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih serius. AlbumSarjana Muda, misalnya, musiknya ditangani oleh Willy Soemantri.
Iwan tetap menjalani profesinya sebagai pengamen. Ia mengamen dengan mendatangi rumah-rumah satu demi satu, kadang di Pasar Kaget atau Blok M. Album Sarjana Muda ternyata banyak diminati dan Iwan mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi. Ia kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987. Saat acara Manasuka Siaran Niagadisiarkan di TVRI, lagu Oemar Bakri sempat ditayangkan di TVRI. Ketika anak kedua Iwan, Cikal lahir tahun 1985, kegiatan mengamen langsung dihentikan.




Istri berhentikan pemakaian narkoba (iwan fals)

Dunia hiburan tak lepas dari narkoba. Hal itu dirasakan Iwan Fals. Ia pun tak memungkiri kalau 25 tahun lalu, dirinya berada dalam jeratan narkoba. Untungnya, ia bisa lepas dari barang haram tersebut.

Semua itu tak lepas dari peran istrinya, Rosana atau akrab disapa Yos. Iwan mengaku setiap hari selalu mendapat omelan sang istri. "Saya dulu pengguna. Bahkan sudah punya dua anak, saya masih pakai ganja," kenang Iwan Fals, ditemui di kawasan Kemang, Jakarta selatan, Senin (26/1/2015).
Marahnya Yos, membuat pelantun Omar Bakrie ini tak nyaman memakai narkoba. "Kebetulan istri cerewat, saya dimarahin terus. Waktu pakai ganja, istri marah-marah, jadinya rasanya nggak enak. Karena kan saya jadi kesal, dari pada nggak enak terus-terusan mending berhenti saja," tambah Iwan Fals.
Alasan lainnya, Iwan Fals tak mau berurusan dengan polisi karena narkoba. Untuk itu, 25 tahun lalu ia pun memutuskan untuk meninggalkan `barang setan` tersebut.
"Risikonya kan ditanggkap polisi, saya takut dong. Sempat berpikir kalau ditangkap terus dipenjara, itu yang buat saya berhenti juga," paparnya.

Lepas dari narkoba, Iwan Fals mengakui kalau kondisi tubuhnya tak enak. Untuk menghilangkannya ia pun memilih berolahraga.

"untungnya saya senang olahraga. Kebetulan juga saya atlet judo, dan karate. Jadi begitu saya merasa kok badan makin nggak benar, jadi saya olahraga saja," tandas Iwan Fals.(Pur/Mer)






Seorang ibu bagi iwan fals

Penyanyi balada Virgiawan Listanto atau biasa disapa Iwan Fals merasa sukar mencurahkan perasaannya jika diminta menceritakan ulang proses penciptaan lagu Ibu. diceritakan kembali. Bibirnya kelu tanpa mampu berkata-kata. Sesekali ia terdiam lalu memperdengarkan tawa sendu.

iwan fals Kepada Tempo dia berkata singkat, "mengarang lagu Ibu mengalir begitu saja," ketika dihubungi di Bogor, Selasa, (22/12).


Dalam ingatannya, sosok Ibu digambarkan layaknya udara. Kasih sayang yang diterima, tak mampu dia balas. Meski berhadapan dengan darah dan nanah, bagi ayah almarhum penyany Galang Rambu Anarki ini, kasih sayang Ibu tak akan pernah sirna hingga kapanpun.

Kini lagu Ibu yang dibuatnya sekitar tahun 1985 itu, telah menjadi ilustrasi perjuangan sosok Ibu di Indonesia. Terlebih ketika menyambut Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember. Banyak kalangan yang menjadikan lagu itu sebagai "lagu kebangsaan" Ibu.

"Saya mengucapkan selamat Hari Ibu bagi ibu-ibu di Indonesia," ujarnya. Ayah dua anak ini menambahkan keberadaan seorang Ibu sepenuhnya mendorong dirinya menjadi lebih berani berbuat sesuatu pada zamannya dulu.

Sudah banyak versi lagu Ibu didaur ulang oleh beberapa musisi. Dia pun sempat mendengarkan langsung lagu itu dibawakan. Namun bagi suami Yos ini, suasana hati dan karakter penyanyi turut mempengaruhi penilaian keseluruhan lagu itu.

"Sosok Ibu sangat dominan memengaruhi kehidupan saya. Ibu telah mewarnai hidup saya," kata pria kelahiran 3 September 1961 ini.

1 komentar:

  1. Merkur 34c review - XNX Forum
    I am also curious as to if 메리트 카지노 고객센터 Merkur 34c is kadangpintar worth it, febcasino but there are no answers. I think it is worth it.

    BalasHapus